Seperti Apa Cara Ekstrak File Rar di Android tanpa Aplikasi

Seperti Apa Cara Ekstrak File Rar di Android tanpa Aplikasi.Anda pastinya sudah tidak asing lagi jika menemukan file (.rar) ataupun (.zip). Keduanya ini adalah kompresi data yang paling sering digunakan. Bagi sebagian orang juga, saat melihat kedua jenis file ini mungkin akan merasa asing atau baru pertama kali menemukannya. Lalu seperti apakah cara ekstrak file rar di Android tanpa menggunakan aplikasi? Apakah bisa tanpa aplikasi?

cara ekstrak file rar di Android tanpa menggunakan aplikasi

Ekstrak File RAR / ZIP di Android dengan Cara Ini

Mungkin, jika Anda mengekstrak kedua jenis file ini di laptop atau PC akan sangat mudah dilakukan hanya dengan klik kanan lalu ekstrak. Namun, file rar dan zip di Android harus melakukan beberapa langkah terlebih dahulu.

Cara ekstrak file rar di Android tanpa menggunakan aplikasi zipini dapat dilakukan untuun nyatanya bisa dilakukan di beberapa tipe HP Android yang memang sudah dilengkapi kemampuan ekstrak langsung dari produsennya. Dan berikut adalah cara tepatnya.

  1. Cara ekstrak file rar di Android tanpa menggunakan aplikasi pertama yaitu silahkan buka aplikasi bernama Manajer File yang adalah aplikasi bawaan dari sistem operasi miliki.
  2. Nanti di halaman utama, silahkan pilih lokasi penyimpanan file zip akan di ekstrak baik itu di memori internal atau pun memori eksternal.
  3. Kemudian arahkan directory ke lokasi penyimpanan file zip telah di download atau di dapat pada masing-masing HP.
  4. Jika nanti sudah menemukan file zip akan di ekstrak, silahkan tap satu kali pada file tersebut.
  5. Untuk HP Realme misalnya, maka nanti silakan tap file zip maka akan muncul pop up
  6. Ketika pop up muncul, langsung saja tap menu bertuliskan Buka ZIP.
  7. Dan secara otomatis, sistem akan mengekstrak file tersebut, dimana kamu cukup tunggu proses sampai selesai.
  8. Jika nanti sudah selesai, cukup cari folder atau bukan file zipnya, sesuai nama file zip tadi kemudian buka.
Baca juga : Cara Mengatasi WiFi Lemot

Untuk beberapa tipe HP seperti Oppo, Vivo, Realme, Xiaomi dan Samsungmemang sudah dilengkapi dengan kemampuan langsung di dalam file manager sehingga ini akan lebih memudahkan kamu.