Prosesor AMD Ryzen 7000 dapat mengakhiri dominasi Intel ?

AMD Ryzen 7000 rencananya akan dirilis akhir tahun ini, dan banyak yang mengharapkan pertempuran sengit di dunia desktop antara Ryzen dan prosesor Intel Raptor Lake berikutnya. Namun, berdasarkan apa yang telah terlihat sejauh ini, banyak kalangan yang tidak berpikir salah satu pabrikan akan dapat sepenuhnya mendominasi pasar dengan CPU baru ini.

Komputer terbesar, di sisi lain, mungkin memiliki narasi yang sangat berbeda. Berdasarkan apa yang telah diungkapkan oleh AMD dan Intel sejauh ini, ada alasan untuk berasumsi bahwa Ryzen 7000 akan memberi AMD keunggulan dalam hal kinerja laptop, berkat efisiensi Ryzen 7000 yang jauh lebih baik. Sementara itu, CPU Intel Raptor Lake berikutnya tidak diproyeksikan untuk meningkatkan efisiensi secara signifikan.

Meskipun info yang didapatkan dari AMD tentang Ryzen 7000 sebagian besar tentang CPU desktop, ini juga mungkin akan berlaku untuk CPU seluler mendatang yang dijadwalkan untuk diluncurkan pada tahun 2023, karena CPU desktop dan laptop Ryzen 7000 menggunakan arsitektur Zen 4 yang sama.

Baca juga : Intel Celeron N4000 Tertarik? Simak Ulasannya di Sini!

Baca juga : Intel Celeron Setara Dengan AMD? Simak Perbedaannya Berikut!

Kinerja AMD Ryzen 7000

Hal utama yang dijanjikan AMD dengan CPU desktop Ryzen 7000 adalah kinerja single-threaded 15% lebih tinggi, kinerja multi-threaded 35% lebih tinggi, dan yang paling penting, kinerja 25% lebih tinggi per watt. Poin terakhir ini sejauh ini merupakan petunjuk terbesar yang kami miliki mengenai kinerja seluler Ryzen 7000. Konsumsi daya di laptop tidak berubah, jadi kemungkinan besarnya dapat memperlakukan kinerja 25% lebih banyak per watt, sehingga kinerja secara keseluruhan menjadi 25% lebih banyak.

Dalam hal meningkatkan kinerja untuk CPU seluler, peningkatan sederhana dalam efisiensi daya adalah rajanya. Laptop memiliki profil daya dan termal yang terbatas, sehingga dapat melakukan lebih banyak pada watt tertentu adalah hal yang sangat bagus. Itu sebabnya Ryzen 4000 dan Intel generasi ke-12 secara signifikan lebih baik daripada pendahulunya.

Mempertimbangkan perbedaan antara CPU desktop dan laptop, terlihat lebih positif untuk ponsel Ryzen 7000. CPU desktop cenderung kurang hemat daya dibandingkan CPU laptop, karena CPU desktop mengkonsumsi lebih banyak daya untuk mencapai tingkat kinerja yang tinggi. Jika AMD telah menguji CPU seluler, kemungkinan besar perusahaan akan menggembar-gemborkan angka yang lebih tinggi dari 25%.

Baca juga : AMD Ryzen 5 5500U - Lenovo Ideapad Slim 3

Referensi : https://www.bollyinside.com/