5 Penyebab Gambar CCTV Tidak Tampil di Monitor dan Tips Mengtasinya

CCTV merupakan peralatan yang intensitas kerjanya sangat tinggi, bahkan 24 jam nonstop. Tidak mengherankan jika muncul penurunan kinerja seperti no video. Penyebab gambar CCTV tidak tampil di monitor juga beragam. Tapi kebanyakan, pasti ada komponennya yang mengalami kerusakan.

Sebagai alat penting untuk mengawasi objek di sekitar, CCTV yang no video tentu meresahkan. Hasil rekaman tidak bisa terlihat karena gambarnya gagal ditampilkan pada monitor. Jika ingin melakukan perbaikan, sebaiknya ketahui dulu beberapa penyebabnya di bawah:

Baca juga :  Cara Mengunduh Printer G1010 Dengan Mudah

1. Port Connector Rusak

Penyebab pertama yang mungkin jarang diketahui pemilik CCTV adalah port connector-nya mengalami kerusakan. Komponen tersebut merupakan rumah atau wadah dari konektor CCTV. Jika port-nya rusak, sudah pasti kinerja konektor sebagai penghantar mengalami gangguan. Akibatnya, hasil rekaman tidak tampil di monitor. 

Kalau memang masalah utamanya ada pada port connector, cara mengatasinya sangat mudah. Pemilik CCTV tinggal memindahkan konektornya ke port lain yang masih dalam kondisi bagus. Karena memang dalam alat CCTV disediakan beberapa port. Setelahnya, bisa mengecek apakah CCTV bekerja baik.

2. Putusnya Kabel CCTV

Putusnya kabel CCTV menjadi penyebab kedua yang paling sering dialami. Ketika kabel putus, otomatis seluruh kinerja dari perangkat CCTV akan mengalami gangguan. Wajar jika gambar tidak tampil pada layar monitor, karena kamera dan DVR tidak bisa berfungsi. 

Kabel yang putus dikarenakan oleh beberapa faktor. Biasanya, hewan-hewan pengerat seperti tikus dan rayap menggigit kabel hingga menyebabkan terputus. Bisa juga disebabkan karena kualitas kabel CCTV yang dipakai buruk. 

Tips awal untuk mencegah agar kabel tidak digigit hewan pengerat yaitu memasangnya selubung pelindung. Tapi jika disebabkan oleh kualitas buruk kabel, sebaiknya menggantinya dengan yang baru. Sebelumnya lakukan riset untuk memilih jenis dan spesifikasi kabel CCTV yang bagus.

3. Adaptor Kamera CCTV Mati

Penyebab gambar CCTV tidak tampil di monitor yang ketiga yaitu adaptor kameranya mati. Adaptor merupakan komponen yang berperan sebagai penghubung arus listrik menuju kamera CCTV yang berguna merekam suara dan gambar. Jika rusak, kamera pun ikut tidak berfungsi.

Untuk memperbaiki, coba cek dulu adaptor CCTV menggunakan alat bernama avometer. Jika memang sudah tidak bekerja, lebih baik membeli yang baru. Banyak yang menjual adaptor CCTV secara online, tapi harus pintar mencari yang spesifikasinya bagus. 

4. Kamera Mati atau Rusak Penyebab Gambar CCTV Tidak Tampil

Kamera pada alat CCTV memiliki fungsi yang sangat penting untuk mengambil gambar dan suara serta merekamnya. Selain itu, komponen tersebut yang berhubungan langsung dengan objek yang tengah diawasi. Apabila kameranya mati, sudah pasti tidak ada gambar yang bisa ditampilkan. 

Beberapa faktor yang mengakibatkan kerusakan kamera CCTV yaitu arus listrik terlalu lemah, terkena air hujan dan terpapar terik matahari. Jika memang mendesak, lebih baik langsung ganti kamera agar bekerja lagi. Pemilik juga bisa membawanya ke tempat servis.

5. DVR Rusak juga jadi Penyebab Gambar CCTV Tidak Tampil

Perangkat utama dari CCTV bernama Digital Video Recorder (DVR). Fungsi krusialnya adalah mengolah data berupa video dari kamera di penyimpanan dan menampilkannya di monitor. Melihat fungsi tersebut, jika DVR rusak, bisa dipastikan gambar CCTV juga tidak akan dimunculkan. 

Penyebab kerusakan DVR yaitu tegangan arus listrik yang masuk tidak stabil dan settingan online-nya tidak terhubung ke DVR Digital. Ketika ada penurunan fungsi, cek dulu DVR untuk memberikan perbaikan. Jika tidak bisa, sebaiknya bawa ke tempat servis dan membeli baru.

Baca juga :  Inilah Marketplace & Toko Online Terbaik 2023 Untuk Berbagai Kebutuhan Berikut Kelebihan Masing-Masing

Itulah 5 penyebab gambar CCTV tidak tampil di monitor dan solusi penanganannya. Ketika ditemukan kerusakan, pemilik CCTV harus segera memperbaikinya. Membawa ke tempat servis adalah cara yang tepat, Karena komponen yang rusak mendapatkan perbaikan sesuai.

Check Also

Cara Mengunduh Printer G1010 Dengan Mudah

Canon Pixma G1010 Printer Driver Download Download Gratis Printer from www.linksdriver.com Apa itu Printer G1010? …