Tips Memilih Laptop Gaming yang Bagus dan Berkualitas

Laptop tidak hanya digunakan untuk membantu pekerjaan atau sekolah. Banyak gamers yang lebih suka bermain video game melalui laptop. Bahkan saat ini sudah banyak vendor yang mengembangkan laptop khusus gaming. Variasi laptop khusus gaming pun semakin beragam dari segi bentuk dan spesifikasinya. Jangan bingung, ini dia tips memilih laptop gaming yang bagus juga berkualitas.

1. Perhatikan Prosesornya

Pengguna dapat memilih processor dari Intel atau AMD. Tentunya masing-masing prosesor ini memiliki kelebihan serta kekurangan. Jika ingin laptop gaming yang performanya stabil dan tidak cepat panas, pilih prosesor intel. Namun jika ingin kualitas grafis yang sangat bagus serta harganya lebih murah, pilih prosesor AMD.

2. Pilih Laptop dengan RAM Besar

Rata-rata game membutuhkan RAM yang besar saat dimainkan. Maka dari itu, akan lebih baik memilih laptop dengan RAM yang besar. Minimal laptop tersebut harus punya paling sedikit 8 GB RAM. Jika ada budget lebih, lebih baik beli yang memiliki RAM 16 GB atau lebih.

Jika budget minim, bisa saja membeli laptop dengan RAM 4 GB. Namun, pastikan laptop itu bisa ditambah slot penyimpanannya. Pengguna bisa menambah slot ini hingga RAM 16 GB saat ada budget lebih nantinya.

Baca juga :  Intel Celeron N4000 Setara Dengan Intel Core i3-6100U? Cek Perbandingannya!

3.Pilih GPU atau VGA yang Tepat

GPU atau VGA merupakan salah satu bagian yang berfungsi untuk menampilkan gambar. Bagian ini disebut juga dengan kartu grafis. Laptop gaming wajib memiliki grafis diskrit karena proses pengolahan data untuk main game akan lebih kompleks. Grafis diskrit ini juga membuat tampilan grafis lebih mulus serta terkesan “hidup” saat game dimainkan.

Rekomendasi VGA yang bisa dipilih untuk laptop gaming berprosesor intel adalah VGA NVIDIA dengan GTX Series. Sedangkan untuk laptop berprosesor AMD, pastikan jika VGA yang dimiliki sudah R7 atau R9 series.

4. Pilih Kapasitas Penyimpanan yang Besar

Untuk keperluan gaming, sangat disarankan untuk memilih laptop dengan penyimpanan HDD minimal 1 Terabyte (1000 GB). Untuk kecepatan HDD laptopnya, disarankan pilih HDD berkecepatan paling minimal 5400RPM. Namun lebih baik yang kecepatannya 7200RPM.

Pasalnya, banyak game yang memakan penyimpanan besar di laptop. Selain besaran game saat diinstal cukup besar, ada data game juga yang ikut disimpan nantinya. Maka dari itu, semakin besar kapasitas penyimpanan, pengguna bisa memuat lebih banyak game.

5. Pilih Laptop Dengan Ukuran dan Resolusi Layar Besar

Pastinya jika ingin main game, butuh laptop dengan layar lebih besar dan resolusi bagus. Selain agar lebih jelas, resolusi bagus juga membuat grafis game tampak lebih halus dan bagus. Ukuran pas untuk layar laptop berkisar antara 15,6 hingga 17 inci. Tentu hal ini tergantung lagi dari tingkat kenyamanan pengguna.

Baca juga :  Spesifikasi Hp Samsung Galaxy A32, Baca Sebelum Membeli!

6. Pilih Laptop yang Banyak Port

Agar dapat bermain game di laptop dengan puas, pastikan laptop memiliki port USB 3.0. Pasalnya, pasti pengguna butuh banyak port untuk menyambungkan perangkat lainnya. Misalnya seperti mouse, headset, atau bahkan keyboard tambahan.

Selain itu, cek juga apakah laptop itu memiliki port HDMi dan D-SUB. Mungkin saja pengguna butuh port tersebut untuk menghubungkan laptop dengan monitor yang lebih lebar. Jika port USB banyak, pengguna bebas menambah aksesoris tambahan lainnya untuk menunjang permainan.

Itulah dia beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memilih laptop gaming. Tentunya sesuaikan lagi laptop yang dipilih dengan kebutuhan dan budget yang tersedia. tidak harus keluaran terbaru, laptop keluaran lama pun bisa dipilih sesuai dengan tips di atas. Selamat mencoba.

Check Also

Xiaomi 12 Ultra, Bocoran Prediksi Harga, Spesifikasi dan Waktu Launching

Xiaomi 12 Ultra diisukan akan diluncurkan pada bulan Juli sebagai spesifikasi utama dan render dari …