Ketahui Cara Setting Proxy Di Google Chrome Android Paling Mudah

Ketahui Cara Setting Proxy Di Google Chrome Android Paling Mudah. Ketika ingin membuka situs di internet, terkadang pengguna mengalami kebingungan karena situs terblokir. Dengan begitu, bisa memanfaatkan VPN atau proxy yang bisa di setting secara otomatis. Tentunya cara setting proxy di Google Chrome Android bisa secara mudah dilakukan. Berikut inilah penjelasan lengkapnya:

Apa itu Proxy?

cara mengubah proxy di chrome

Sebelum mengetahui bagaimana cara setting proxy di Google Chrome, ada baiknya bagi para pengguna untuk mengerti apa proxy itu sendiri. Bisa dibilang, proxy adalah suatu sistem dimana request dari browser untuk menampilkan situs terblokir. Nantinya proses penampilan website tidak dilakukan secara langsung ke web server tujuan, melainkan melalui server proxy itu sendiri.

Dengan menggunakan proxy yang ada, maka yang ditampilkan adalah IP dari server proxy. Hal ini tentu saja cukup berbeda dengan VPN. Pasalnya, mode encryption pada keduanya tidak sama.

Cara Setting Proxy di Google Chrome Android

Seluruh aktivitas dalm jaringan internet biasa dikelola oleh proxy server, yang mana seluruh data akan mengalami pemfilteran oleh komputer penyedia proxy. Fungsinya yaitu agar data yang keluar masuk bisa terfilter terlebih dahulu.

Baca juga : Cara Mengetahui Password Wifi Tetangga Dengan Android

Dengan melakukan setting proxy, maka situs apa pun bisa diakses oleh komputer server. Berikut inilah cara setting proxy di Google Chrome Android bisa dicoba, antara lain:

  • Langkah pertama, buka menu “Setting” pada Google Chrome Android.
  • Klik menu “Network and Internet”, Lalu Klik SID Wi-Fi yang digunakan. Kemudian klik menu “Edit”.
  • Setelah itu, pastikan telah mengubah setelan proxy dari “None” menjadi “Manual”.
  • Silakan isi proxy yang telah didapatkan sebelumnya, ke setelan proxy Android. Pastikan pula untuk mengklik tombol “Save” untuk menyimpan.
  • Silakan buka browser Google chrome di Android dan kemudian coba akses ke google.com untuk mengecek koneksi internet. Nantinya akan terlihat bahwa pencarian di Google.com telah terdeteksi dengan negara di Eropa atau US. Hal ini berarti setting proxy telah berhasil dan selesai.

Demikian penjelasan bagaimana cara setting proxy di Google Chrome Android yang bisa dilakukan. Pastikan telah melakukan instruksi sesuai aturan yang ada agar bisa membuka berbagai situs terblokir.