Jenis Piringan Optik yang Mempunyai Kapasitas Penyimpanan Sampai dengan 51 Gb

Jenis Piringan Optik yang Mempunyai Kapasitas Penyimpanan Sampai dengan 51 Gb. Piringan optik yang memiliki kapasitas penyimpanan sampai dengan 51 GB adalah piringan optik Blu-ray. Blu-ray adalah salah satu jenis piringan optik yang dikembangkan oleh sekelompok perusahaan teknologi, termasuk Sony dan Philips.

jenis piringan optik yang mempunyai kapasitas penyimpanan sampai dengan 51 gb

Blu-ray menggunakan teknologi laser biru yang memungkinkan untuk menyimpan data dengan kapasitas yang lebih besar dibandingkan dengan piringan optik sejenis seperti DVD atau CD. Kapasitas penyimpanan piringan optik Blu-ray berkisar antara 25 GB hingga 51 GB tergantung pada jenis Blu-ray yang digunakan.

Piringan optik Blu-ray biasanya digunakan untuk menyimpan film, video game, dan lain-lain. Piringan optik Blu-ray bisa diputar di perangkat yang dilengkapi dengan pembaca Blu-ray, seperti konsol game, Blu-ray player, atau komputer yang dilengkapi dengan pembaca Blu-ray.

Kapan Blu-ray ditemukan

Teknologi Blu-ray pertama kali dikembangkan oleh sekelompok perusahaan teknologi, termasuk Sony dan Philips, pada tahun 2002. Pada tahun yang sama, teknologi Blu-ray resmi diperkenalkan ke publik melalui sebuah demonstrasi di Consumer Electronics Show (CES) di Las Vegas, Amerika Serikat.

Baca juga :  Intel Ark dan Intel Arc, Apa perbedaannya? Simak Penjelasannya Berikut!

Piringan optik Blu-ray pertama kali diluncurkan pada tahun 2006, setelah proses pengembangan yang panjang dan intensif. Pada awal peluncurannya, piringan optik Blu-ray hanya bisa diputar di perangkat yang dilengkapi dengan pembaca Blu-ray, seperti konsol game, Blu-ray player, atau komputer yang dilengkapi dengan pembaca Blu-ray.

Sejak peluncurannya, teknologi Blu-ray telah mengalami perkembangan yang cepat dan banyak digunakan oleh berbagai perusahaan untuk menyimpan film, video game, dan lain-lain. Pada saat ini, piringan optik Blu-ray sudah banyak diproduksi dan tersedia di pasaran dengan kapasitas penyimpanan yang bervariasi.

apa keunggulan blu ray

Ada beberapa keunggulan yang dimiliki oleh piringan optik Blu-ray, diantaranya:

  1. Kapasitas penyimpanan yang besar: Piringan optik Blu-ray dapat menyimpan data dengan kapasitas yang lebih besar dibandingkan dengan piringan optik sejenis seperti DVD atau CD. Kapasitas penyimpanan piringan optik Blu-ray berkisar antara 25 GB hingga 51 GB tergantung pada jenis Blu-ray yang digunakan.
  2. Kualitas gambar yang tinggi: Piringan optik Blu-ray dapat menyimpan video dengan resolusi yang tinggi, sehingga memberikan gambar yang lebih jelas dan tajam dibandingkan dengan piringan optik lainnya.
  3. Dukungan audio yang baik: Piringan optik Blu-ray juga dapat menyimpan audio dengan kualitas yang tinggi, seperti audio surround sound yang memberikan pengalaman audio yang lebih realistis.
  4. Kompatibilitas yang luas: Piringan optik Blu-ray bisa diputar di perangkat yang dilengkapi dengan pembaca Blu-ray, seperti konsol game, Blu-ray player, atau komputer yang dilengkapi dengan pembaca Blu-ray.
Baca juga :  Intel Celeron N4000 Tertarik? Simak Ulasannya di Sini!

Semoga bermanfaat.