Apa Itu Intel HD Graphics? Penjelasan dan Cara Menginstalnya

Jika membahas mengenai teknologi grafis, kebanyakan orang akan langsung mengingat Video Graphics Array (VGA). Saat ini muncul teknologi baru yaitu Intel HD Graphics yang memiliki kualitas lebih tinggi dan baik. Jika VGA berbentuk kartu yang terpisah dari CPU, Intel HD menempel pada CPU atau bisa disebut Integrated Graphics.

Tentang Intel HD Graphics

Intel High Definition Graphics merupakan teknologi terbaru grafis yang dikembangkan perusahaan Intel untuk komputer atau laptop. Sebelumnya, ada banyak generasi terdahulunya beberapa diantaranya seperti spesifikasi Prosesor Celeron U3600, Pentium U5600, Core i5-480, Core i3-390, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Teknologi grafis terbaru ini diintegrasikan pada inti prosesor agar performanya semakin meningkat secara signifikan. Pengguna kini dapat melihat monitor dengan kualitas yang sangat baik dengan resolusi gambar sebesar 1080 Megapixel. Terdapat era sebelumnya yang dinamakan Core-i dengan basis teknologi Arrandale.

Dalam hal ini perusahaan Intel mengeluarkan dua versi. Pertama, versi 3000 yang memiliki kemampuan menjalankan aplikasi game kualifikasi berat dengan skala normal, dan kedua versi 4000 yang disupport oleh Turbo Boost Technology. Versi kedua tersebut sudah jelas mempunyai kualitas grafis yang lebih baik.

Baca juga :  Cara Masuk Telegram Web di Laptop yang Wajib Diketahui

Cara Instalasi Intel HD Graphics

Jika ingin tampilan grafis pada layar menjadi lebih baik, pengguna perlu menggunakan teknologi grafis terbaru ini untuk meningkatkan kualitas gambar. Namun sebelum menuju proses instalasi, pengguna harus mengetahui terlebih dahulu nomor serinya. Jika tidak tahu, simak berikut ini cara mudah menginstall Intel HD Graphics sekaligus mengetahui serinya:

1. Buka Windows Run

Langkah pertama untuk menginstall Intel HD Graphics yaitu membuka master software untuk membuka Windows Run. Caranya cukup menekan pada keyboard (Windows + R), dan tunggu beberapa saat. Proses membuka ini terkadang memakan waktu yang sebentar atau bisa juga sedikit lama.

2. Tulis/Ketik “dxdag

Setelah proses membuka selesai, akan muncul kolom box dan kolom search di dalamnya. Tulislah kata “dxdag” untuk membuka program diagnostic pada komputer/ laptop, lalu klik tombol “OK” di bawahnya. Tunggu sampai proses membuka selesai.

3. Mencari Seri dengan Melihat Informasi Prosesor

Setelah Direct Diagnostic terbuka, klik tulisan “Yes” pada jendela Pop Up yang muncul pada layar. Kemudian dxdag akan mengeluarkan semua informasi mengenai prosesor komputer/ laptop. Lalu klik opsi System (System Information), lihatlah pada baris yang bertuliskan “Processor” yang memuat informasi serinya dan generasi prosesornya.

Baca juga :  Tata Cara Mandi Wajib Setelah Haid

4. Unduh Driver

Setelah mengetahui seri, pengguna dapat langsung mengunduh driver yang sesuai dengan menggunakan Informasi prosesor yang sudah didapatkan. Caranya dengan mencari link download pada browser, lalu pilihlah yang berformat Zip atau Rar, dan ikuti langkah-langkah mendownloadnya.

5. Jalankan Proses Instalasi

Jika sudah menemukan driver yang tepat/cocok, langsung saja menginstalnya pada komputer/laptop seperti umumnya prosedur instalasi. Driver ini diinstall bertujuan untuk memastikan seluruh perangkat’ hardware ataupun software dapat menjalankan kinerjanya dengan sesuai.

6. Restart Komputer/Laptop

Setelah melalui beberapa langkah di atas, restart windows untuk memaksimalkan prosedur instalasi yang sudah dijalankan. Tampilan grafis pada komputer/laptop akan seketika berganti menjadi lebih baik, tajam, dan jelas. Pengguna dapat men-setting resolusi sesuai keinginan dan memadupadankan dengan icon yang ada pada windows.

Itulah informasi tentang Intel HD dan cara mudah menginstalnya pada komputer/laptop windows. Sebelum mengubah tampilan grafis, pastikan PC memiliki RAM dan ROM yang memadai agar proses instalasi berjalan dengan lancar.

Check Also

Cara Mengunduh Printer G1010 Dengan Mudah

Canon Pixma G1010 Printer Driver Download Download Gratis Printer from www.linksdriver.com Apa itu Printer G1010? …