Cara Setting Proxy di Google Chrome Android Terbaru

Cara Setting Proxy di Google Chrome Android. Android memungkinkan Anda mengonfigurasi pengaturan proxy untuk setiap jaringan Wi-Fi. Ini terkadang diperlukan untuk mengakses Internet di jaringan bisnis atau sekolah, misalnya. Lalu lintas browser Anda akan dikirim melalui proxy yang Anda konfigurasikan.

Proxy yang Anda konfigurasikan akan digunakan oleh Chrome dan browser web lain, tetapi mungkin tidak digunakan oleh aplikasi lain. Setiap pengembang aplikasi dapat memilih apakah menggunakan proxy Android atau tidak. Itulah alasan bagus lainnya mengapa Anda harus menggunakan VPN daripada proxy. Dengan VPN, Anda dapat memaksa semua lalu lintas jaringan aplikasi melalui koneksi VPN. Ini adalah cara yang lebih baik untuk menyembunyikan alamat IP Anda atau mengakses situs web yang diblokir secara geografis yang tidak tersedia di negara Anda.

Proses ini sama untuk semua versi Android modern, dari Android 4.0 hingga 7.1. Beberapa produsen perangkat mengubah tampilan dan fungsi layar Pengaturan Android, sehingga Anda mungkin menemukan pengaturan Wi-Fi atau proxy di lokasi yang sedikit berbeda.

Baca juga :  Temukan Dunia Baru dengan Menelusuri Gambar di Google Pakai Android

Buka aplikasi Pengaturan Android dan ketuk “Wi-Fi” untuk melihat daftar jaringan Wi-Fi.

Tekan lama nama jaringan Wi-Fi yang ingin Anda ubah pengaturan proxynya. Ketuk “Ubah Jaringan” ketika menu muncul.

Jika Anda belum terhubung ke jaringan Wi-Fi, Anda harus terhubung ke jaringan Wi-Fi dan memasukkan kata sandinya sebelum Anda dapat mengakses opsi “Ubah Jaringan”.

cara setting proxy di google chrome android

Perluas bagian “Opsi lanjutan” di layar ini. Ketuk opsi “Proxy” dan pilih “Tidak ada” tanpa proxy, “Manual” untuk memasukkan pengaturan server proxy secara manual, atau “Proxy Auto-Config” untuk secara otomatis mendeteksi pengaturan yang sesuai untuk jaringan Anda.

Opsi “Proxy Auto-Config” mungkin tidak tersedia di versi Android yang lebih lama.

cara setting proxy di google chrome android 2

Jika Anda memilih “Proxy Auto-Config”, Android akan meminta Anda untuk memasukkan alamat skrip konfigurasi otomatis proxy, yang juga dikenal sebagai file .PAC. Jika organisasi atau penyedia layanan proxy Anda memerlukan file .PAC, administrator jaringan atau penyedia layanan Anda akan memberikan alamat file .PAC yang harus Anda masukkan di sini.

Baca juga :  Touch VPN Free Unlimited VPN Proxy v2.10.40 Ad-Free

Tidak seperti sistem operasi lain—Windows, macOS, iOS, dan bahkan Chrome OS milik Google sendiri—Android tidak mendukung Web Proxy Auto-discovery Protocol, atau WPAD. Ini terkadang digunakan di jaringan bisnis atau sekolah untuk mendistribusikan pengaturan proxy secara otomatis ke perangkat di jaringan. Jika Anda mengaktifkan “Proxy Auto-Config”, tidak akan terjadi apa-apa kecuali Anda juga memberikan alamat file .PAC tempat Android dapat memperoleh pengaturan proxy.

Check Also

cara mengembalikan file yang sudah lama terhapus di android

Temukan Rahasia Memulihkan File Android yang Lama Terhapus

Cara Mengembalikan File yang Sudah Lama Terhapus di Android adalah proses pemulihan file yang telah …