Cara Menyambungkan Laptop ke Monitor Untuk Extend Layar

Memiliki banyak task yang perlu dikerjakan? Tentunya akan repot apabila harus membuka tutup aplikasi. Oleh sebab itu untuk mengatasinya bisa dengan cara melakukan extend layar dengan menyambungkannya ke monitor. Cara menyambungkan laptop ke monitor ini sangat mudah.

Untuk melakukannya yang pasti harus memiliki perangkat monitor yang akan dihubungkan. Dengan membuat extend layar tersebut maka tampilan layar menjadi lebih luas sehingga bisa mengerjakan lebih banyak task dalam satu waktu. Untuk mengetahui bagaimana cara menyambungkan laptop ke monitor, simak caranya berikut ini:

Cara Menyambungkan Laptop ke Monitor

Menyambungkan perangkat laptop ke monitor ini dilakukan untuk bisa membuat keuda perangkat tersebut dapat digunakan secara bersamaan. Cara menyambungkannya juga cukup mudah. Hal yang perlu disiapkan hanyalah dua monitor yang akan akan digunakan, kabel port dan juga adapter apabila diperlukan.

Sebelum menghubungkan laptop dengan monitor periksa port output dan input pada laptop serta monitor terlebih dahulu. Apabila setelah diperiksa port laptop dan monitor ternyata tidak sesuai maka gunakan adapter. Untuk menghubungkannya lakukan langkah berikut:

  • Nyalakan monitor dan laptop yang digunakan.
  • Setelah kedua perangkat menyala, pasang port input monitor pada port output laptop.
  • Apaba portnya memang tidak sesuai maka pasang terlebih dahulu adapter yang sudah disiapkan.
  • Pasang adapter tersebut pada masing-masing port agar perangkat tersambung.
Baca juga : Inilah Aplikasi Musik Offline Terbaik untuk Android Paling Keren

Ketika port sudah dipasang maka secara otomatis laptop dan monitor sudah terhubung. Secara default mode tampilan yang digunakan setelah monitor dan laptop terhubung adalah duplicate. Untuk itu jika ingin extend layar perlu diubah mode tampilannya terlebih dahulu.

Opsi Extend Layar Laptop dan Monitor

Setelah memahami Cara menyambungkan laptop ke monitor seperti yang dijelaskan di atas, kini saatnya untuk extend layar laptop dan monitor. Ketika laptop dihubungkan ke monitor terdapat 4 opsi tampilan layar yang dapat dipilih. Keempat opsi tersebut adalah:

  • Duplicate, yaitu tampilan program yang dibuka pada laptop akan ditampilkan sama persis dengan di monitor.
  • Extend, yaitu tampilan program di laptop akan menjadi satu dengan monitor sehingga tampilan layar menjadi lebih luas.
  • PC screen only, yaitu hanya layar laptop saja yang menyala sedangkan monitor mati.
  • Second screen only, yaitu hanya monitor saja yang menyala sedangkan laptop akan mati.

Itu tadi adalah beberapa pilihan opsi tampilan yang dapat dipilih ketika menghubungkan laptop ke monitor. Untuk melakukan extend layar laptop dan juga tidaklah sulit, hanya perlu mengubah mode tampilan saja. Untuk selengkapnya simak penjelasan di bawah ini.

  • Pertama, klik pojok kanan bawah pada layar laptop.
  • Setelah itu klik pada bagian project.
  • Setelah itu akan muncul 4 opsi tampilan layar, untuk extend layar pilih pada opsi extend.
Baca juga : Aplikasi Kasir atau Penjualan di Android Terfavorite dan Terpopuler 2022

Cara Menyesuaikan Layar

Setelah di extend maka tampilan layar laptop dan monitor akan menjadi satu. Dengan demikian layar akan terlihat lebih lebar. Namun terkadang resolusi, ukuran font dan tampilan dari monitor serta laptop berbeda. Hal tersebut tentu akan kurang nyaman untuk dilihat.

Oleh sebab itu sebelum memulai pekerjaan atur terlebih dahulu tampilan pada layar laptop dan monitor. Untuk menyesuaikan layar ini dapat dilakukan melalui menu setting. Untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana cara menyesuaikan layar laptop dan monitor, simak penjelasan berikut:

  • Pertama, buka menu setting.
  • Setelah itu buka bagian system.
  • Kemudian klik display.
  • Pada bagian select dan rearrange displays pilih monitor yang akan disesuaikan.
  • Kemudian atur resolusi tampilan, ukuran font dan sebagainya.

Itu tadi adalah cara menyambungkan laptop ke monitor untuk extend layar. Dengan menggunakan car aini maka tampilan layar laptop dan monitor dapat menyatu. Cara ini juga dapat digunakan untuk melakukan pekerjaan yang membutuhkan layar lebar seperti saat melakukan editing.