Cara Mengatasi Tikus Di Sawah

Cara Mengatasi Tikus Di Sawah. Apakah Anda sedang mencari informasi mengenai cara mengatasi tikus di sawah ?Anda sudah berada di website yang tepat. Karena di website ini akan kami ulas mengenai cara mengatasi tikus di sawah.Semoga informasi yang kami sajikan bermanfaat untuk Anda yang sedang mencari informasi tentang cara mengatasi tikus di sawah.

Yuk simak artikel di bawah ini yang akan membahas secara singkat tentang cara mengatasi tikus di sawah.

Pendahuluan

Tikus merupakan hama yang sering menyerang tanaman padi di sawah. Tikus bisa merusak padi di awal masa tanam hingga saat panen tiba. Oleh karena itu, petani harus melakukan tindakan pencegahan agar kerugian akibat serangan tikus bisa diminimalisir.

Penanganan Serangan Tikus

1. Penanaman Tanaman Pengganggu Cara mengatasi tikus di sawah yang pertama adalah dengan menanam tanaman pengganggu seperti semangka, jagung, dan kacang panjang di sekitar sawah. Tanaman-tanaman ini akan mengalihkan perhatian tikus dari tanaman padi. 2. Penggunaan Umpan Racun Tikus bisa dibasmi dengan menggunakan umpan racun. Umpan racun ini bisa dibuat sendiri dengan mencampurkan terasi, gula, dan air. Umpan ini akan menarik perhatian tikus dan membuatnya mati. 3. Penggunaan Perangkap Tikus Perangkap tikus bisa dipasang di sekitar sawah untuk menangkap tikus yang berkeliaran. Perangkap ini bisa dibuat dari botol bekas atau menggunakan perangkap tikus yang sudah jadi.

Baca juga :  Cara Mengatasi Headset Suara Kecil

Pencegahan Serangan Tikus

1. Membersihkan Lahan Sebelum menanam padi, pastikan bahwa lahan sudah bersih dari rumput liar dan sampah. Selain itu, pastikan juga bahwa tidak ada sarang tikus di sekitar lahan. 2. Membuat Pagar Membuat pagar di sekitar sawah bisa mencegah tikus masuk dan merusak tanaman padi. Pagar bisa dibuat dari bambu atau kayu. 3. Menjaga Kebersihan Lahan Selama masa tanam, pastikan sawah dalam keadaan bersih dan rapi. Jangan membiarkan sampah menumpuk di sekitar lahan.

Penutup

Demikianlah beberapa cara mengatasi tikus di sawah. Dengan melakukan tindakan pencegahan dan penanganan serangan tikus dengan tepat, petani bisa mengurangi kerugian akibat serangan tikus. Selamat mencoba!

Check Also

Cara Mengatasi Kemerahan Bekas Jerawat

Cara Mengatasi Kemerahan Bekas Jerawat. Apakah Anda sedang mencari informasi mengenai cara mengatasi kemerahan bekas …