Cara Mengatasi Sakit Perut Pms

Cara Mengatasi Sakit Perut Pms. Apakah Anda sedang mencari informasi mengenai cara mengatasi sakit perut pms ?Anda sudah berada di website yang tepat. Karena di website ini akan kami ulas mengenai cara mengatasi sakit perut pms.Semoga informasi yang kami sajikan bermanfaat untuk Anda yang sedang mencari informasi tentang cara mengatasi sakit perut pms.

Yuk simak artikel di bawah ini yang akan membahas secara singkat tentang cara mengatasi sakit perut pms.

Pendahuluan

Setiap wanita pasti pernah mengalami sakit perut saat mengalami sindrom pramenstruasi (PMS). PMS adalah kondisi yang umum terjadi pada wanita menjelang menstruasi. Gejala yang biasa dialami antara lain, sakit kepala, sakit perut, nyeri pada payudara, perubahan mood, mudah lelah, dan lain sebagainya. Namun, pada artikel ini akan difokuskan pada cara mengatasi sakit perut PMS.

Penyebab Sakit Perut PMS

Sakit perut yang terjadi pada PMS disebabkan oleh adanya kontraksi otot pada rahim. Kontraksi ini terjadi karena hormon prostaglandin yang dilepaskan oleh rahim. Semakin tinggi kadar hormon prostaglandin yang diproduksi, maka semakin kuat kontraksi otot pada rahim. Inilah yang menyebabkan sakit perut pada PMS.

Baca juga :  Buka Pintu Akses iCloud di Android: Panduan Rahasia untuk Penemuan Baru

Cara Mengatasi Sakit Perut PMS

1. Mengonsumsi Makanan Sehat Makanan yang sehat dan bergizi dapat membantu mengurangi rasa sakit perut pada PMS. Konsumsilah makanan yang mengandung serat tinggi seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Hindari makanan yang mengandung garam dan kafein karena dapat membuat perut terasa lebih sakit. 2. Olahraga Olahraga dapat membantu mengurangi rasa sakit perut pada PMS. Lakukanlah olahraga ringan seperti berjalan kaki atau bersepeda selama 30 menit setiap hari. Olahraga dapat membantu merangsang pelepasan endorfin, yaitu hormon yang dapat membantu meredakan rasa sakit. 3. Kompress dengan Air Hangat Kompress dengan air hangat dapat membantu mengurangi rasa sakit perut pada PMS. Basahi handuk dengan air hangat dan letakkan di perut selama 15-20 menit. Ulangi beberapa kali sehari untuk meredakan rasa sakit. 4. Konsumsi Obat Jika rasa sakit perut terasa sangat mengganggu, Anda dapat mengonsumsi obat pereda nyeri seperti parasetamol atau ibuprofen. Namun, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi obat. 5. Istirahat yang Cukup Istirahat yang cukup dapat membantu meredakan rasa sakit perut pada PMS. Cobalah tidur selama 7-8 jam setiap malam dan hindari begadang.

Baca juga :  Cara Mengatasi Keriput Di Bawah Mata

Kesimpulan

Sakit perut yang terjadi pada PMS memang sangat mengganggu. Namun, dengan mengonsumsi makanan sehat, olahraga, kompres dengan air hangat, mengonsumsi obat, dan istirahat yang cukup dapat membantu mengurangi rasa sakit perut pada PMS. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter jika rasa sakit perut terasa sangat mengganggu. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mengalami sakit perut pada PMS.

Check Also

Cara Mengatasi Kemerahan Bekas Jerawat

Cara Mengatasi Kemerahan Bekas Jerawat. Apakah Anda sedang mencari informasi mengenai cara mengatasi kemerahan bekas …