Cara Mengatasi Layar Monitor Berkedip Kedip Dengan Mudah

Layar monitor yang berkedip saat digunakan sebenarnya terjadi bukan karena masalah serius. Oleh sebab itu ketika mengalami tidak perlu terlalu khawatir. Terdapat 4 cara mengatasi layar monitor berkedip kedip dengan mudah.

Untuk mengatasinya, ketahui terlebih dahulu penyebab dari masalah tersebut. Ketika layar monitor berkedip bisa saja terjadi karena pemasangan kabel yang kurang tepat atau bahkan adanya masalah pada software. Untuk itu tak perlu berlama-lama lagi, simak penjelasannya di bawah in:

1. Pasang Ulang Kabel Monitor

Masalah layar monitor yang berkedip bisa saja terjadi karena masalah yang sepele yaitu pemasangan kabel yang kurang tepat. Kabel monitor yang dipasang dengan longgar bisa membuat monitor berkedip saat dinyalakan. Hal ini mungkin kurang disadari dan jarang diperhatikan.

Untuk itu sebelum menggunakan monitor sebaiknya periksa semua kabel sambungan yang ada. Perhatikan kabel monitor apakah sudah terpasang dengan benar atau masih longgar. Apabila kabel belum terpasang sempurna lepas kabel terlebih dahulu dan pasang ulang dengan benar, setelah itu baru mulai nyalakan monitor.

2. Ganti Kabel Apabila Sudah Usang

Selain karena pemasangan kabel yang kurang tepat, layar monitor yang berkedip juga bisa jadi disebabkan oleh kabel monitor yang sudah usang. Kerusakan pada kabel monitor juga menyebabkan layar menjadi berkedip saat digunakan. Untuk itu segera ganti kabel monitor apabila memang sudah rusak.

Baca juga :  Ini 5 Rekomendasi Aplikasi Download Video Twitter Terlaris

Untuk memeriksanya bisa dengan cara memasang kabel monitor lain. Apabila masalah monitor berkedip selesai setelah kabel diganti maka memang ada kerusakan pada kabel. Untuk mengganti kabel ini pastikan untuk membeli yang sesuai dengan monitor yang digunakan dan memiliki kualitas yang bagus.

3. Instal Ulang Display Adapter Driver

Selain karena kabel, layar monitor yang berkedip juga bisa terjadi karena ada masalah pada software. Adanya kerusakan pada display adapter menyebabkan layar monitor menjadi berkedip saat digunakan. Cara mengatasi layar monitor berkedip kedip karena kerusakan driver ini dapat diatasi dengan cara berikut:

  • Buka Task Manager dengan cara mencari Task Manager melalui search box.
  • Setelah itu klik Task Manager dan perhatikan apakah Task Manager berkedip. Apabila Task Manager tidak berkedip maka kerusakan bukan dari driver namun jika task manager ikut berkedip maka driver memang mengalami masalah.
  • Setelah memastikan kerusakan berasa dari driver buka Device Manager.
  • Kemudian klik pada bagian Display Adapter dan akan muncul driver yang digunakan oleh monitor.
  • Double klik driver tersebut lalu pilih uninstall.
  • Setelah itu instal ulang Display Adapter Driver dengan mengunduh ulang driver tersebut.
  • Ikuti langkah instalasi dan lakukan hingga driver berhasil dipasang ulang.
Baca juga :  Cara Mengembalikan Microsoft Office yang Terhapus di Windows 10 Tanpa Beli Ulang Lisensi

4. Uninstall Aplikasi yang Bermasalah

Apabila setelah menginstal aplikasi tertentu layar monitor jadi berkedip maka kemungkinan aplikasi tersebut yang menyebabkannya. Aplikasi yang tidak kompatibel dengan perangkat yang digunakan bisa membuatnya menjadi berkedip saat digunakan. Biasanya aplikasi dengan tampilan yang memiliki resolusi tinggi menjadi penyebabnya.

Untuk itu apabila setelah menginstal aplikasi layar menjadi berkedip saat digunakan, cara mengatasi layar monitor berkedip ini adalah dengan meng uninstall aplikasi tersebut. Uninstall aplikasi ini bisa dilakukan dengan beberapa cara. Untuk melakukan simak cara berikut:

  • Buka Control Panel melalui search box.
  • Setelah Control Panel terbuka klik pada menu Program.
  • Setelah itu pada bagian Program and Features klik Uninstall Program.
  • Pilih program yang ingin di uninstall.
  • Klik kanan lalu pilih uninstall.
  • Restart perangkat setelah proses uninstall selesai.

Itu tadi adalah cara mengatasi layar monitor berkedip kedip dengan mudah. Apabila mengalami masalah monitor berkedip seperti ini tak perlu khawatir. Periksa terlebih dahulu hardware maupun software untuk mengetahui sumber kerusakan.

Check Also

Cara Mengunduh Printer G1010 Dengan Mudah

Canon Pixma G1010 Printer Driver Download Download Gratis Printer from www.linksdriver.com Apa itu Printer G1010? …