Cara Mengatasi Laptop Ngelag dengan Mudah: Tips Ampuh dan Efektif untuk Meningkatkan Kinerja Laptop Anda

Jika Anda pengguna laptop, pasti pernah mengalami yang namanya laptop ngelag. Hal ini sangat mengganggu kinerja dan produktivitas Anda dalam menggunakan laptop. Apa sih penyebab laptop ngelag dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini beberapa tips dan trik yang bisa Anda terapkan.

Cara Mengatasi Laptop Ngelag dengan Mudah

Baca juga :  Cara Mengatasi Laptop Lemot: Solusi Efektif Agar Laptop Anda Kembali Cepat dan Responsif

Penyebab Laptop Ngelag

Sebelum membahas cara mengatasi laptop ngelag, pertama-tama mari kita ketahui dulu apa saja penyebab laptop ngelag. Berikut ini beberapa penyebab umum:

1. Overheat

Salah satu penyebab utama laptop ngelag adalah overheat atau kepanasan. Overheat terjadi ketika suhu di dalam laptop terlalu tinggi, biasanya karena laptop digunakan terlalu lama tanpa istirahat atau ventilasi yang tidak cukup. Overheat dapat membuat kinerja laptop menjadi lambat dan bahkan bisa merusak hardware di dalamnya.

Untuk mengatasi masalah overheat, pastikan laptop Anda selalu diletakkan pada permukaan yang rata dan keras. Selain itu, pastikan juga ventilasi laptop Anda selalu terjaga dengan membersihkan debu yang menumpuk pada ventilasi secara berkala.

2. Terlalu Banyak Aplikasi Berjalan

Jika Anda terlalu banyak menjalankan aplikasi pada laptop Anda, hal ini dapat menyebabkan kinerja laptop menjadi lambat atau bahkan ngelag. Terlebih lagi jika aplikasi tersebut membutuhkan sumber daya yang besar seperti game atau program editing video.

Untuk mengatasi masalah ini, tutup aplikasi yang tidak diperlukan dan gunakan aplikasi yang membutuhkan sumber daya besar secara bijak. Selain itu, pastikan juga laptop Anda memiliki RAM yang cukup untuk menjalankan aplikasi yang Anda butuhkan.

Baca juga :  Mengenal Dan Memahami Manfaat Dari Plasa Hosting

Cara Mengatasi Laptop Ngelag

1. Membersihkan Disk

Salah satu cara mengatasi laptop ngelag adalah dengan membersihkan disk pada laptop Anda. Ketika disk pada laptop Anda penuh atau hampir penuh, hal ini dapat membuat kinerja laptop menjadi lambat atau bahkan ngelag. Membersihkan disk pada laptop Anda dapat dilakukan dengan menggunakan fitur bawaan Windows yaitu “Disk Cleanup”.

Cara membersihkan disk pada laptop Anda:

  1. Buka “File Explorer”.
  2. Klik kanan pada disk yang ingin Anda bersihkan.
  3. Pilih “Properties”.
  4. Pada tab “General”, klik “Disk Cleanup”.
  5. Pilih file yang ingin dihapus.
  6. Klik “OK” untuk menghapus file tersebut.

2. Menonaktifkan Aplikasi Startup yang Tidak Dibutuhkan

Check Also

Inilah Marketplace & Toko Online Terbaik 2023 Untuk Berbagai Kebutuhan Berikut Kelebihan Masing-Masing

Penting untuk diingat bahwa “terbaik” adalah subjektif dan bisa berbeda-beda bagi setiap individu, tergantung pada …