Cara Ekstrak File Zip di Android Tanpa Aplikasi dengan File Manager

Cara Ekstrak File Zip di Android Tanpa Aplikasi dengan File ManagerCara ekstrak file ZIP di Android tanpa aplikasi bisa dibilang adalah metode yang bisa Anda gunakan apabila misalnya ingin mengubah ukuran file kedalam format ZIP. Dengan begitu, maka file yang Anda download dalam bentuk ZIP ini akan disusun lebih rapi walaupun nanti file tersebut memiliki ukuran yang besar.

cara ekstrak file ZIP di Android tanpa aplikasi

Ada banyak yang tidak tahu, jika sebenarnya cara ekstrak file ZIP di Android tanpa aplikasi tidaklah sulit dimana hanya cukup menggunakan file manager saja.

Cara Ekstrak dengan File Manager

Untuk mengekstrak file dengan cara ini sebenarnya sangat mudah. Akan tetapi, tidak semua ponsel yang mendukung fitur untuk mengekstrak file ZIP. Caranya sederhana saja. Yaitu:

  • Pertama, pastikan untuk menyimpan file ZIP di ponsel dulu.
  • Kmeudian, masuk ke aplikasi file manager di hp.
  • Selanjutnya, temukan di mana file ZIP tersebut berada. Biasanya file baru itu akan ditampilkan di kolom Baru Ditambahkan. Jika misalnaya tidak ada, maka temukan file ZIP di folder aplikasi asalnya. Apabila file ZIP diunduh dari aplikasi WhatsApp maka bisa buka folder WhatsApp.
  • Jika nanti sudah menemukan file ZIP, pastikan jika pengguna memiliki ruang penyimpanan yang cukup terlebih dahulu. Karena hasil file hasil ekstraksi dari ZIP akan memiliki ukuran yang besar.
  • Selanjutnya pilih select atau pilih file tersebut kemudian tekan ikon titik tiga atau opsi Lainnya. Di beberapa ponsel juga bisa dilakukan dengan menekan lama file ini dan tunggu sampai nanti akan muncul popup opsi.
  • Lalu, lanjutkan dengan memilih opsi Ekstrak File atau Unzip.
  • Lanjutkan dengan memilih Unzip to current folder untuk menyimpan file hasil ekstrak pada folder yang sama untuk memudahkan akses.
  • Tunggulah beberapa saat saja mdan pastikan pengguna tidak melakukan aktivitas lain saat proses ekstraksi. Jika proses ekstraksi terhenti di tengah proses, maka ada kemungkinan file corrupt atau bahkan merusak file ZIP.
  • Jika proses ekstraksi selesai, pengguna bisa langsung melihat file terbaru yang ditambahkan ke folder tersebut.
Baca juga :  Temukan Orang Berdasarkan Foto: Rahasia Terungkap di Android

 

Check Also

cara mengembalikan file yang sudah lama terhapus di android

Temukan Rahasia Memulihkan File Android yang Lama Terhapus

Cara Mengembalikan File yang Sudah Lama Terhapus di Android adalah proses pemulihan file yang telah …