Apa itu Hepatitis Akut

Apa itu Hepatitis Akut. Hepatitis akut adalah suatu kondisi inflamasi yang terjadi pada hati. Inflamasi tersebut dapat disebabkan oleh berbagai macam penyebab, termasuk virus, obat-obatan, dan alkohol. Gejala hepatitis akut biasanya termasuk sakit perut, mual, muntah, sakit kepala, dan demam. Beberapa orang yang menderita hepatitis akut mungkin tidak memiliki gejala sama sekali atau hanya mengalami gejala ringan. Namun, dalam beberapa kasus, hepatitis akut dapat menyebabkan kerusakan hati yang serius dan bahkan menyebabkan kegagalan hati. Pemeriksaan medis dan tes darah dapat digunakan untuk mengdiagnosis hepatitis akut dan menentukan penyebabnya. Pengobatan tergantung pada penyebab hepatitis akut dan dapat meliputi pengobatan simtomatik, pengobatan antivirus, atau perawatan lainnya.

Apa Itu Hepatitis Akut

Aengapa Bisa Terkena Hepatitis

Ada beberapa cara seseorang dapat terkena hepatitis, termasuk:

  1. Virus hepatitis: Beberapa jenis virus hepatitis, seperti virus hepatitis A, B, dan C, dapat menyebabkan hepatitis akut. Virus hepatitis dapat ditularkan melalui kontak dengan darah yang terinfeksi, seperti saat menggunakan jarum suntik yang tidak steril atau melakukan hubungan seks tanpa pengaman. Virus hepatitis juga dapat ditularkan melalui makanan atau air yang terkontaminasi.
  2.  Obat-obatan: Beberapa obat-obatan dapat menyebabkan hepatitis akut dengan menyebabkan kerusakan pada sel-sel hati. Obat-obatan yang sering menyebabkan hepatitis akut termasuk obat-obatan yang digunakan untuk mengobati kondisi seperti rheumatoid arthritis, kanker, dan penyakit jantung.
  3. Alkohol: Penggunaan alkohol yang berlebihan dapat menyebabkan hepatitis akut dengan menyebabkan kerusakan pada sel-sel hati.
  4. Penyakit autoimun: Beberapa penyakit autoimun, seperti penyakit hati kronis atau penyakit hati kolestatik, dapat menyebabkan hepatitis akut. Penyakit autoimun terjadi ketika sistem kekebalan tubuh salah mengenali sel-sel tubuh sebagai ancaman dan menyerangnya.
  5. Penyakit lain: Beberapa penyakit lain, seperti penyakit Wilson atau penyakit mononukleosis, dapat menyebabkan hepatitis akut.
Baca juga :  Manfaat dan Bahaya Sayur Kol atau Kubis

Apa Saja Gejala Terkena Hepatitis

Gejala hepatitis akut bervariasi tergantung pada penyebabnya dan tingkat keparahan inflamasi hati. Beberapa gejala yang mungkin muncul meliputi:

  1. Sakit perut: Nyeri di bagian atas kanan perut atau di bawah tulang rusuk kanan mungkin terjadi akibat pembengkakan hati.
  2. Mual dan muntah: Mual dan muntah dapat terjadi akibat kerusakan hati yang menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan.
  3. Sakit kepala: Sakit kepala dapat terjadi akibat inflamasi hati atau tingkat yang tinggi dari toksin dalam darah.
  4. Demam: Demam dapat terjadi selama infeksi virus atau inflamasi hati yang terjadi.
  5. Lelah: Banyak orang yang menderita hepatitis akut merasa sangat lelah karena hati tidak dapat bekerja dengan efisien.
  6. Warna urine yang gelap: Warna urine yang gelap dapat terjadi akibat kerusakan hati yang menyebabkan peningkatan bilirubin dalam darah.
  7. Warna tinja yang terang: Warna tinja yang terang dapat terjadi akibat kerusakan hati yang menyebabkan peningkatan kolesterol dalam darah.
  8. Gatal: Gatal dapat terjadi akibat peningkatan bilirubin dalam darah.
Baca juga :  Rekomendasi Asuransi Mobil All Risk Termurah & Terbaik

Banyak orang yang menderita hepatitis akut tidak memiliki gejala sama sekali atau hanya mengalami gejala ringan. Namun, dalam beberapa kasus, hepatitis akut dapat menyebabkan kerusakan hati yang serius dan bahkan menyebabkan kegagalan hati. Jika Anda merasa tidak sehat atau mengalami gejala yang tidak biasa, sebaiknya hubungi dokter Anda untuk mendapatkan pertolongan medis.

Check Also

Daftar Mobil Listrik 20 Jutaan, Cuma Seharga Matic?

Mobil listrik murah semakin menjadi perhatian banyak orang di tengah kebutuhan akan kendaraan yang ramah …